1. Pendahuluan

Beberapa Sistem Informasi yang berbasis Sistem Pendukung Keputusan, sebagian besar mereka membutuhkan banyak sekali tablespace untuk datanya. Dalam perkembangan sistem tersebut, kebutuhan akan discspace juga semakin banyak. Sekarang ini, data warehousing yang menggunakan data mencapai terrabytes data sudah mulai bermunculan. Untuk membantu mengatasi isu yang berkembang seperti itu, ada feature baru di dalam Oracle 9i yang diperkenalkan tentang Kompresi Tabelspace. Dengan feature tersebut, tablespace untuk data dapat dikurangi dan performance dari database dapat ditingkatkan.
Feature dari Oracle 9i ini bekerja dengan mengeliminasi data-data terduplikasi yang ditemukan dalam tabel-tabel pada database. Kompresi ini bekerja pada level database blok. Ketika database terdefinisikan secara terkompres, maka database tersebut akan memesan space pada tiap blok database untuk menyimpan satu dari beberapa kemunculan data yang sama pada blok tersebut. Space ini dinamakan tabel simbol. Data yang tertata untuk kompresi tersebut disimpan hanya pada tabel simbol dan bukan pada baris-baris database tersebut sendiri. Ini berarti bahwa, akan ada satu atau lebih pointer yang muncul untuk menunjukkan data sebenarnya pada tabel simbol,
disamping data itu sendiri.
Hasil lain dari tabel kompresi ini adalah sebuah transparasi untuk user dan para pengembang aplikasi. Pada pengembang mampu mengakses tabel-tabel terkompres tersebut tanpa menghiraukan kondisinya (terkompres atau tidak), sehingga query-query SQL tidak perlu berubah ketika sudah didefinisikan diawal pembuatan tabel. Tabel terkompres ini didefinisikan oleh pada administrator atau perancang database, dengan melibatkan sedikit pengembang maupun pemakai.

untuk selanjutnya klick!!!

date Jumat, 06 November 2009

0 komentar to “ANALISIS SPK PADA BIDANG ORACLE”

Leave a Reply:

SILAKAN AJA KASIH KOMENTAR...